Mati atau Meninggal Tidak Mesti Tua!

Mati atau meninggal tidak mesti tua!
Ilustrasi mayat dari kematian orang-orang yang masih muda. image: republika.co.id
Sering kali kita berpikir bahwa orang yang bakalan mati, meninggal dan mendahului kita ke alam baka adalah orang-orang yang sudah berumur atau berusia lanjut (tua renta). Seolah-olah adalah keharusan yang harus menghadap Sang Pencipta adalah mereka-mereka yang berusia uzur, giginya sudah tanggal, rambutnya sudah memutih, jalannya susah harus pakai tongkat, punggungnya bungkuk, matanya rabun, dst. Padahal di sekeliling kita sudah sering kita jumpai bahwa ada orang yang meninggal atau mati justru bukan mereka-mereka yang berusia tua. Mulai dari bayi di dalam kandungan, bayi yang baru saja lahir atau beberapa jam setelah dilahirkan, anak-anak di bawah usia 5 tahun, anak remaja hingga dewasa muda. Jadi kematian tidak memandang usia atau umur dan tidak harus orang tua!


Kita tidak membicarakan kematian karena faktor kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, tindakan kriminal seperti penembakan, aksi terorisme seperti pengeboman, perang atau musibah bencana alam bahkan wabah penyakit seperti covid-19. Kita bicara tentang kondisi sakit penyakit atau bahkan gejala sakit yang belum berhasil dideteksi oleh dunia kedokteran. Semua tampak baik-baik saja, berseda gurau, masih sms-an, wa-an, tik-tokan, facebookan atau ketemu ngobrol makan-makan beberapa hari lalu. Tiba-tiba orang yang kita kenal tersebut padahal berusia masih muda meninggal dunia secara mendadak. Begitu dicari infonya rupanya terkena sakit kanker otak stadium 4, terkena kanker rahim stadium 4, kena kanker ini dan itu atau bahkan sakit jantung. Serta masih banyak lagi penyakit-penyakit aneh yang terasa asing di telinga kita. Nah, lho?


Jadi betapa pentingnya bagi diri kita dan orang-orang yang kita kasihi untuk benar-benar menjaga diri jangan sampai sakit parah yang mengancam jiwa. Bila memungkinkan dan ada uang maka wajib rasanya memeriksa kesehatan secara rutin. Jika merasakan di dalam tubuh kita ada gejala-gejala sakit atau terasa ada yang tidak beres, tidak seperti biasanya maka harus segera diperiksa ke dokter atau ke rumah sakit. Jangan ditahan atau ditunda dan berpikir untuk berhemat atau nanti juga akan baik sedia kala. Nanti malah biaya besar yang harus dikeluarkan bahkan kematian!


Jadi jangan pernah sombong bahwa usia muda tidak bakalan bisa koit loh ya. Terutama anda-anda yang merasa masih kuat dan masih muda. Kalau ditambah faktor bencana alam, kriminalitas, kecelakaan berlalu lintas, kecelakaan kerja, dst...maka kita seharusnya lebih rendah hati. Kematian bisa terjadi kapan saja bahkan ketika selesai anda membaca tulisan ini. Bagaimana menurut anda? Siapa teman-teman atau anggota keluarga anda yang sudah mendahului anda ke surga padahal usianya jauh lebih muda dari anda? Kami sih mendoakan anda semua yang berkunjung ke sini sehat dan bahagia selalu sampai usia tua dan waktunya pulang! Amin....


No comments:

Post a Comment